Flora yang Dilindungi di Indonesia

        Flora Yang Dilindungi Di Indonesia


10 Daftar jenis flora yang dilindungi di Indonesia. Indonesia ternyata sangat kaya akan kekayaan alamnya termasuk tumbuhan. Bukan hanay itu tetapi juga mulai dari kekayaan bumi seperti minyak bumi, gas, batu bara dan masih banyak lagi jenisnya yang lain termasuk hewan.
Tetapi pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit informasi mengenai 10 flora yang dilindungi di Indonesia, diantaranya yaitu :
  1. Tanaman Raflesia Arnoldi
Tanaman Raflesia Arnoldi
Jenis bunga ini banyak tumbuh di kawasan Taman Nasional Bengkulu, ukuran dari bungan tersebut dapat mencapai hingga 1 meter. Masyarakat umum lebih mengenal bunga ini dengan sebutan Bunga Bangkai, ini dikarenakan bungan tersebut dapat mengeluarkan aroma yang sangat busuk dan menyengat ke hidung. Namun bau busuk yang dikeluarkan tersebut bertujuan untuk memancing lalat untuk hinggap, sehingga dapat membantu proses penyerbukan. Bungan Reflisia Arnoldi ini merupakan jenis bunga atau tumbuhan parasit, tumbuhan ini memerlukan inang agar dapat bertahan hidup. Namun pada saat ini keberadaan tumbuhan ini sudah sangat jarang dijumpai, penurunan habitat tumbuhan ini disebabkan oleh karena berbagai kegiatan manusia yang diantaranya yaitu proyek pertambangan, pertanian, pembangunan dan juga pembukaan kawasan hutan lainnya yang dapat merusak hutan yang menjadi habitat asli tumbuhan ini.
  1. Tanaman Enau
Pohon Enau
Enau atau yang bernama latin Arenga Pinnata ini merupakan salah satu tumbuhan yang serba guna, tumbuhan ini memiliki palma yang berukuran besar dan tinggi dan dapat mencapai hingga 25 meter dan berdiameter sekitar 65 cm. pada bagian batangnya cukup kokoh dan bagian atas terdapat serabut yang berwarna hitam yang menyelimuti dan disebut dengan ijuk. Ijuk ini merupakan sebuah pelapah daun yang biasanya dapat menyelubungi bagian batang tumbuhan Enau. Tumbuhan ini merupakan salah satu tumbuhan yang dapat menghasilkan gula.
  1. Tanaman Mimba (Azadirachta Indica)
Tanaman Mimba
Tumbuhan yang satu ini merupakan jenis tumbuhan yang memiliki nama lain Mimbo atau juga lebih dikenal dengan sebutan Mimba. Tumbuhan langka ini memiliki batang pohon yang cukup tinggi, ketinggiannya bahkan dapat mencapai lebih dari 20 meter. Tumbuhan ini juga memiliki kulit batang yang tebal dengan permukaan batang yang sangat kasar, daunnya yang menyirip genap, memiliki bentuk daun lonjong serta tepi daunnya yang bergerigi dan juga runcing. Tumbuhan ini dapat menghasilkan buah dan buahnya merupakan jenis buah batu yang memiliki panjang sekitar 1 cm. tumbuhan langka ini dapat berbuah setiap 1-2 kali dalam setahun, bentuk buahnya sendiri berbentuk oval dan jika tela masak daging buah ini berwarna kuning. Sedangkan bagian bijinya di tutupi dengan  kulit yang sangat keras dan berwarna cokelat, serta didalam buahnya melekat kulit buah yang berwarna putih. Ternyata tanam ini dapat dijadikan sebagai pestisida alami, karena daun tanaman Mimba memiliki kandungan zat senyawa yang mampu mengendalikan hama pada setiap tanaman. Beberapa kandungan senyawa yang terkandung di dalam tanaman mimba diantaranya yaitu sitosterol, hyperoside, nimbolide, quercetin dan masih banyak lagi kandungan senyawa lainnya yang sangat bermanfaat untuk membasmi hama pada tanaman.
  1. Tanaman Tembesu
Tanaman Tembesu
Tembesu merupakan jenis tanaman langka yang memiliki nama latin (fagraea fragrans), tanaman ini masuk kedalam family Loganiaceae. Tanaman ini dulunya banyak tersebar dikawasan jawa barat, sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Maluku dan juga kawasan irian jaya. Tanaman ini banyak tumbuh dikawasan tanah yang datar dan juga kering seperti pada tanah liat yang berpasir.
Tanaman ini memiliki tinggi pohon yang mencapai hingga 40 meter, pada bagian batang pohon dapat bebas dari cabang hingga 25 meter. Sedangkan dari diameternya pohon ini memiliki diameter lebih dari 80 cm, batang pohon tumbuhan ini berdiri tegak dan juga tidak berbanir. Pada bagian kulit luarnya berwarna coklat atau hitam yang beralur cukup dangkal dan juga sedikit terkelupas, kayunya yang cukup keras dan berwarna kuning keemasan atau juga berwarna coklat jingga.
  1. Tanaman Jeluntung
Jeluntung
Jeluntung merupakan sebuah tanaman yang merupakan spesies dari Subfamilia Oleander, uniknya pohon ini dapat tumbuh hingga memiliki ketinggian 60 meter dan berdiameter sekitar 2 meter. Pohon ini banyak tumbuh dikawasan semenanjung  Malaysia, pulau Kalimantan, pulau sumatera dan juga Thailand. Namun saat ini sangat sulit dijumpai karena banyaknya penebangan liar.
  1. Tanaman Balam Suntai

Tanaman langka Balam Suntai
Tanaman Balai suntai (palaquium walsurifolium) merupakan salah satu tanaman langka yang dilindungi dan juga merupakan tanaman asli Indonesia. Tanaman ini merupakan tanaman yang memiliki kualitas kayu terbaik. Balam Suntai juga merupakan jenis tanaman yang banyak dicari dan diburu.
  1. Tanaman Bayur (pterospermum sp)
Bayur
Tanaman ini merupakan tanaman yang sudah sangat langka untuk ditemukan di Indonesia, di Indonesia tanaman Bayur dikenal dengan berbagai nama daerah seperti Balang, Wayu dan Walang. Kualitas kayu pada tanaman atau pohon ini memang sangat berkualitas, sehingga banyak dicari.
  1. Pohon Ulin (Eusideroxylon Zwageri)
Pohon Ulin
Pohon ini merupakan salah satu tanaman yang sangat langka, pohon ini memiliki kualitas kayu yang berkualitas sangat baik bahkan dikenal dengan nama kayu besi. Tanaman langka ini merupakan tanaman yang berasal dari kepulauan Kalimantan dengan ketinggian pohon mencapai 30 meter dan berdiameter sekitar 60-120 cm. Kualitas kayunya yang sangat baik dan juga kuat menjadikan kayu ini sangat laku, sehingga banyak orang yang mencari dan melakukan penebangan liar yang menyebabkan pohon Ulin menjadi sangat langka.
  1. Pohon Cendana (Santalum Album)
Pohon Cendana
Pastinya anda kenal dengan pohon yang memiliki aroma wangi ini. Tanaman ini merupakan tanaman yang sangat langka dan juga dilindungi, pohon ini dapat diolah kayuya untuk dijadikan sebagai bahan pembuatan dupa, campuran parfum, minyak aroma terapi dan juga dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat sangkur keris. Pada awal kehidupannya, tanaman ini merupakan sebuah tanaman parasit. Dalam membudidayakannya, diperlukan pohon inang untuk kecambahnya dalam mendukung pertumbuhan tanaman ini. Maka dari itu, pohon cendana sangat sulit untuk di budidayakan dan menjadi sangat langka.
  1. Pohon Damar (Agathis Labillardieri)
Pohon Damar
Tanaman dammar merupakan tanaman yang banyak tumbuh di tanah papua, tanaman ini merupakan salah satu tanaman yang potensial karena memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi. Maka dari itu, banyak orang tidak bertanggung jawab melakukan penebangan liar terhadap tanaman ini. Pohon damar dapat tumbuh besar hingga mencapai ketinggian 60 meter dan berdiameter sekitar 2 meter.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keunikan Bunga Ashar,Bunga Asli Indonesia

Burung Cendrawasih, Burung Surga

Persebaran Fauna Indonesia