Persebaran Fauna Indonesia

                Pembagian Persebaran Fauna Di Indonesia


        Merupakan topik pembahasan  yang  akan kita bahas artikel kali . Pada artikel ini kita akan membahas salah satu materi yang terdapat pada mata pelajaran geografi, meliputi daerah-daerah persebaran fauna di Indonesia yang disertai contoh fauna yang terdapat pada daerah-daerah tersebut.
   
       Persebaran fauna Indonesia tersebar berdasarkan kondisi sejarah geologis negara Indonesia. Pembagian persebaran fauna secara geologis di Indonesia di bagi menjadi 3 wilayah oleh Alfred Russel Wallace dan Max Wilhelm Carl Weber yaitu wilyah asiatis ( Indonesia bagian Barat), peralihan, serta Australis ( Indonesia bagian Timur). Berikut di bawah ini merupakan jenis persebaran fauna di Indonesia.

1.Fauna Asiatis, wilayah persebaran fauna asiatis tersebar pada dataran sunda atau wilayah Indonesia bagian Barat yang meliputi Sumatra, Jawa, Bali, dan Kalimantan.


Artikel Terkait :Pengertian Skala Peta dan Cara Menghitungnya

  • Ciri-Ciri dan Contoh Fauna Asiatis

Fauna pada wilayah asiatis memiliki ciri-ciri yaitu kita dapat menjumpai berbagai mamalia berukuran besar seperti gajah ( Elepahas maximus sumatranus), badak (Rhinoceros sondaicus), harimau (Panthera tigris), beruang (Helarctos malayanus ), dan orang utan (pongo phygmaeus). Pada wilayah fauna asiatis terdapat pula fauna endemik, fauna endemik adalah fauna yang hanya dapat ditemukan pada satu tempat tertentu dan tidak dapat ditemukan di tempat atau lokasi lain contohnya Beo Nias (Gracula religiosa robusta) yang dapat kita temukan di Kabupaten Nias, Bekantan atau bisa disebut kera Belanda ( Nasalis larvatus), Orang utan Kalimantan (Pongo phygmaeus), dan badak berucula satu  yang dapat kita temui di Ujung kulon Jawa Barat.


2.Fauna Peralihan di batasi oleh garis Wallace dan Weber. Garis Wallace adalah garis yang membatasi di Dangkalan Sunda antara fauna asiatis dengan fauna peralihan.Garis Weber adalah garis yang membatasi di Dangkalan Sahul antara fauna Peralihan dengan fauna Australis.
Wilayah persebaran fauna peralihan tersebar meliputi kawasan Maluku, Sulawesi, dan Nusa Tenggara. Contoh fauna peralihan antara lain babi rusa (Babyrousa babirussa), anoa (Bubalus depressicornis), biawak (Veranus salvator), komodo (Varanus komodosiensis), dan kuskus (Ailurops ursinus), burung maleo (Macrocephalon maleo) .
Letak garis weber dan wallace


3.Fauna Australis, fauna ini tersebar di Dataran Sahul atau wilyah Indonesia bagian Timur seperti Papua. Contoh fauna Australis yaitu hewan-hewan berkantung seperti kanguru (Macropus giganteus), burung kasuari ( Casuarius casuarius), kuskus (Ailurops ursinus), burung cendrawasih ( Paradisaea rudolphi), kakatua ( Cacatua moluccensis), dan amfibi.


Sekian Posting saya kali ini mengenai Pembagian Persebaran Fauna Di Indonesia . Semoga dengan artikel ini dapat membantu pemahaman kalian tentang persebaran fauna daerah fauna di Indonesia  beserta contohnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keunikan Bunga Ashar,Bunga Asli Indonesia

Burung Cendrawasih, Burung Surga